Pulo Sibandang, 'Surga' Tersembunyi di Tepian Danau Toba


Tapanuli Media 
Pulo Sibandang  adalah merupakan salah satu  bagian dari 16 geosite yang ada di kawasan Danau Toba, letaknya  Pulo Sibandang  berada di Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Untuk menuju kawasan Pulo Sibandang yang terletak di Kecamatan Muara ini, ada dua rute yang jadi pilihan, yaitu pertama bisa melalui via Parapat dan Dolok sanggul, kedua rute tersebut tetap harus masuk melalui simpang Bandara Silangit atau Muara, kemudian lanjut terus menuju pelabuhan kapal yang terletak di Desa Unte Mungkur. 

Jarak tempuh antara jalur itu, via Parapat enam jam lebih cepat satu jam dibandingkan Dolok Sanggul yang jarak tempuhnya sekitar tujuh jam.

Dari pelabuhan Muara yakni di  Desa Unte Mungkur, tempat penyebrangan kapal menuju ke Pulo Sibandang memiliki jarak sekitar 600 meter, dengan jarak tempuh sekitar sepuluh menit.

Sejalan dengan Visi-Misi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Bupati Taput, Drs.Nikson Nababan  dari periode I hingga perjalan kepemimpinannya di periode ke-II  terus melakukan upaya dan loby kepemerintah pusat untuk dukungan pembenahan infrastruktur dan prasarana lainnya di Kawasan Muara.

Menurut Bupati Taput, hal tersebut di lakukan  demi mewujudkan Kawasan Wisata Muara sebagai Pintu Gerbang Pariwisata Danau Toba, tentu hal ini memiliki alasan yang kuat,mengingat akses transportasi udara bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Danau Toba  yakni Bandara Udara Internasional Silangit yang  berada di Tapanuli Utara dan hanya dengan menempuh perjalan sekitar 30 menit dari Bandara Silangit maka anda akan sampai di Pulo Sibandang Nauli (Pulau Sibandang Yang Indah).

Jenis kapal  tradisional  merupakan alat transportasi utama di pulo tersebut maka setiap hari selalu ada pergerakannya, dan mengenai intensitas hilir mudiknya kapal tidak menentu sebab tergantung pada banyaknya penumpang saat itu.

Di Pulo Sibandang ada tiga desa, antara lain Desa Sibandang, Papande dan Sampuran, untuk Desa Sibandang memiliki luas sekitar 461 hektar. Kehidupan masyarakat adalah bertani bawang, kopi, coklat dan lebih dikenal dengan penghasil Mangga Toba.

Tentu rasa penasaran anda akan terjawap terjawab tuntas setelah anda berkunjung dan  menginjak Pulo Sibandang. Sebelumnya  pulau kedua terbesar setelah Samosir yang ada di Danau Toba itu, hanya terlihat kecil, nahh anda pasti  penasaran kan,,Silahkan berkunjung ke Pulau Sibandang. 

Pulo Sibandang yang berada di Kabupatan Tapanuli Utara nanti  akan menjadi bagian dari aktivitas Kemah Pers Indonesia (KPI) yang sedia digelar 14 – 16 November 2019.  
Pulo Sibandang sebagai arena kemah, sedangkan Taman Sipinsur merupakan bagian dari beberapa geotrail yang akan dikunjungi oleh para peserta KPI.

Dari informasi yang dihimpun, juga ke dua geosite itu menjadi bagian dari aktivitas dalam acara Kemah Pers Indonesia (KPI) nantinya, kalau Pulo Sibandang sebagai tempat diselenggarakannya dan Taman Sipinsur merupakan bagian dari beberapa geotrail yang akan dikunjungi oleh para peserta acara KPI tersebut.(#sagalaharapan)