Senin, 15 Juli 2019

Besok Ratna Sarumpaet Ultah, Keluarga Siapkan Acara Khusus buat Ratna


Tapanuli Media

Ratna Sarumpaet harus merayakan ulang tahunnya yang ke-70 di jeruji besi Mapolda Metro Jaya dalam kasus penyebaran berita bohong atau hoax tentang penganiayaan.  Ya, seniman dan aktivis itu, tepat usia 70 tahun pada Selasa 16 Juli 2019.  
Kuasa Hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin menjelaskan tidak ada perayaaan khusus dalam milad Ratna apalagi saat ini, kliennya masih berada di jeruji.   
“Beliau besok genap 70 tahun. Besok acara keluarga. Besok kita siapkan. Paling hanya keluarga dan anak,” kata Insank, kepada wartawan usai membesuk Ratna di Mapolda Metro Jaya, Senin (15/7/2019).
Oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Ratna di vonis dua tahun penjara dalam kasus penyebaran berita bohong atau hoax penganiayaan. Ratna dianggap terbukti menyebarkan benih-benih ke onaran. Ratna belum mengambil sikap atas vonis hakim apakah akan banding atau menerima putusan majelis hakim.
Diketahui dalam tujuh hari sejak vonis dibacakan, baik pihak Ratna maupun Jaksa penutuntut umum harus memasyikan mengajukan banding atau tidak. Ratna divonis pada Kamis 11 Juli lalu artinya tim masih memiliki waktu untuk bersikap.
“Tadi kami bicarakan apakah kita akan mengajukan banding atau tidak. Namun beliau masih meminta waktu kepada kami untuk diberikan waktu. Dalam satu atau dua hari, baru kami putuskan apakah akan mengajukan banding atau tidak. Kami menanyakan kepada beliau mengenai resiko mengajukan banding atau tidak namun beliau menjawab belum bisa memberikan jawaban. Masih butuh waktu beberapa hari untuk memutuskan. Batas waktu kan 7 hari setelah diputus. Jadi masih ada hari Rabu dan Kamis," ujarnya.
Insank mengungkapkan Ratna sangat terpukul dengan vonis dua tahun penjara. Baginya, vonis PN Jakarta Selatan sangat berat. Ratna menegaskan tidak pernah berbuat keonaran seperti dalam vonis hakim. Kendati demikian, kondisi fisik Ratna, dalam keadaan sehat. Kuasa hukum mengatakan, didalam sel, Ratna dicampur napidana lainnya. 
Ratna membaur dengan lingkungan sekitarnya. Selama dalam penjara, Ratna juga tengah menyelesaikan buku yang ditulisnya.
“Alhamdulillah beliau sehat. Beliau menulis buku. Sebentar lagi selesai salah satunya tentang perjalanan hidup beliau. Beliau kangen cucu karena kan anak kecil tidak boleh masuk,” tuturnya. (S.Afandi)
Pasang Iklan Anda di Sini..

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih.