Pemkab.Taput Usulkan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) seluas 14.723,80 Ha


Tapanuli Media


Untuk menyamakan persepsi dn penyeragaman tindakan terkait hal-hal yang perlu dipersiapkan guna mendukung program pemerintah pusat dalam hal penyediaan sumber Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) sertapenerapan Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2017, pemerintah kabupaten tapanuli bersama dengan Kepala KPH Wilayah IV,XI,XII,XIII , Kepala BPN dan dari Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara  mengadakan rapat koordinasi antara pimpinan OPD,Camat,Kepala Desa/Lurah pada Senin (17/6) bertempat di Aula Kantor Bupati Kab.Taput.

Kegiatan yang di buka langsung oleh Wakil Bupati Kab.Taput Sarlandy Hutabarat didampingi oleh Sekdakab.Taput E.Tampubolon, Ass. Bid.Administrasi dan Umum Sekdakab.Taput  Osmar Silalahi, Kadis Lindup,Benhur  Simamora, serta dari KPH Dishutpropsu dan Kepala BPN " Wakil Bupati berharap kiranya melalui pertemuan ini dapat menghasilkan kesimpulan dan kesamaan persepsi serta pemahaman para Kepala Desa tentang TORA tersebut.

Sebagaimana diketahui ,pemerintah Kabupten Tapanuli Utara melalui surat Bupati Taput Nomor.5902/1049/20.4/III/2019 tanggal 21 Maret 2019 telah mengajukan  usulan Permohonan Penyediaan Sumber Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) seluas 14.723,80 Ha yang tersebar di 15 Kecamatan, dan untuk menyikapi hal tersebut sangat diperlukan adanya keseragaman kesepakatan serta hal-hal lainnya yang perlu dipersiapkan sehingga pada nantinya pengajuan penyelesaian penguasaan tanah dalam hutan di OPD masing-masing tidak bertentangan dengan aturan peraturan yang berlaku.

Dalam sesi tanya jawap antara sejumlah kepala desa dan para nara sumber, sejumlah kepala Desa menyatakan kebingungan mengenani tata batas hutan desa dan tidak tahu tentang tata batas hutan desa tersebut, menurut mereka hal tersebut dikarenakan tidak adanya informasi ataupun keterangan yang resmi dari instansi terkait atas tata batas hutan tersebut serta dimana saja letak tata batas tersebut terutama sejumlah desa yang berdekatan dengan kabupaten tetangga.

Kegiatan pertemuan tersebut turut serta dihadiri oleh para Asisisten, Staf Ahli Sekdakab.Taput,Pimpinan OPD, Camat serta para Kepala Desa dan Luruh se Kab.Tapanuli Utara. (P.B)