Rabu, 15 Mei 2019

Meski Dihadang Masyarakat, Bawaslu Tetap Minta KPU Nisel Buka Data DA1


Tapanuli Media Center

KPU Nias Selatan (Nisel) kesulitan melaksanakan rekomedasi Bawaslu untuk menyinkronkan data perolehan suara di 32 TPS di Kecamatan Toma karena mendapat halangan dari masyarakat kecamatan tersebut.
Komisioner KPU Nisel hingga kini tidak dapat masuk ke Teluk Dalam untuk mengambil form DA1 karena dihadang di Kecamatan Toma. Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara, Syafrida Rasahan mengatakan, pihaknya menyerahkan ke KPU Sumut untuk menyelesaikan masalah tersebut.
“Kami terserah KPU saja, yang penting kami sudah memberi rekomendasi,” kata Syafrida, Rabu (15/5/2019).
Dikatakan Syafrida, sejatinya KPU Nisel dapat menjangkau Teluk Dalam, ibukota Kabupaten Nisel tanpa melewati Kecamatan Toma.
“Sebenarnya banyak jalan menuju Teluk Dalam itu. Tapi kita nggak tahu kenapa KPU hanya melalui Toma. Bawaslu kita saja dan satu orang anggota KPU sudah sampai di Teluk Dalam,” ungkapnya.
Syafrida mengaku prihatin dengan kondisi keamanan di Nisel sekarang ini. Dia menyayangkan sikap masyarakat yang tidak siap terbuka dengan proses demokrasi.
Oleh karena itu, Bawaslu menyerahkan sepenuhnya kepada KPU Sumut terkait langkah apa yang ingin diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bawaslu Sumut, kata Syafrida, tetap menginginkan rekomendasi tersebut dilaksanakan agar tidak ada persoalan di kemudian hari.
“Kami serahkan ke KPU Sumut mau mengambil tindakan apa. Pada prinsipnya kami mendapat arahan dari Bawaslu RI juga sudah ada meminta itu tetap dilaksanakan. Kalau tidak bisa di Nisel bisa di provinsi. Karena itu, tergantung KPU bagaimana menyelesaikan persoalan itu,” pungkasnya.
Diketahui, Bawaslu RI merekomendasikan KPU Nisel untuk membuka form DA1 32 TPS di Kecamatan Toma, untuk disinkronkan dengan C1 Plano (catatan hasil penghitungan suara). Rekomendasi tersebut menyahuti keberatan saksi dari Partai Berkarya di Nias Selatan karena adanya perbedaan data antara data saksi dengan data KPU Nisel.(#Freddy Harefa)
Pasang Iklan Anda di Sini..