Sabtu, 11 Mei 2019

Ini Tanggapan Ketua PGRI terkait 13 Kepala Sekolah Terkena OTT di Sumut


Tapanuli Media Center

Sebanyak 13 kepala sekolah dasar (SD) di Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi pengutipan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Usman Tonda mengatakan bahwa akan selalu ada peluang untuk melakukan pelanggaran atau korupsi.

"Setiap ada kegiatan yang ada dananya dan uangnya memang selalu ada peluang untuk melakukan pelanggaran," katanya  Jumat (10/5/2019).

Menurutnya korupsi tersebut terjadinya di hilir bukan di hulu. Padahal laporannya sudah berjalan menggunakan online.

"Yang perlu diperhatikan yang pertama bagaimana pengadministrasian BOS itu jadi tata kelolanya supaya tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan, kita melihat bahwa selama ini memang dengan laporannya yang sifatnya online bos itu sudah cukup bagus tata kelolanya tapi kan dia bukan korupsinya di hilir tapi di hulunya," paparnya.

Ia menyatakan bahwa harus ada pengawasan penggunaan dengan cara yang ketat melalui pengawas sekolah, inspektorat lingkungan, dan dinas pendidikan.

"Pengawasan penggunaan ketika sampai di sekolah perlu ada pengawassn yang ketat, perlu ada. Tidak bisa penyelesaiannya hanya satu sisi artinya hanya sekolah yang harus memperbaiki manajemennya tapi diluar itu dinas pendidikan," tandasnya.

Sebelumnya, 16 orang ditangkap dalam kasus dana BOS SD Negeri se-Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat yang dilakukan oleh pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S). OTT tersebut dilakukan Subdit III/Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut.

Dalam OTT itu juga diamankan barang bukti berupa uang tunai Rp36.750.000 didapat dari Sekretaris K3S dan uang tunai senilai Rp35.750.000 didapat dari Bendahara K3S. Kemudian dua lembar dokumen data seluruh SD Negeri se-Kecamatan Gebang, serta 13 buku laporan pertanggungjawaban penggunaan Dana BOS Triwulan I. (#Hadi Hermansyah)
Pasang Iklan Anda di Sini..