Rabu, 15 Mei 2019

Cegah dan Waspada Merebaknya Virus Cacar Monyet


Tapanuli Media Center


Wabah penyakit cacar monyet Monkeypox kini meresahkan masyarakat  sebab penyakit ini saat ini telah terjadi di negeri tetangga Singapura. Kehawatiran masyarakat terhadap berkembangnya penyakit tersebut  sangatlah wajar. Sebab Singapura adalah  negara yang sering dikunjungi warga negara Indonesia dan begitu juga warga asing asal Singapura sering berkunjung ke Indonesia khususnya  Pekanbaru-Riau dan Batam baik melalui jalur bandara  udara  maupun jalur Pelabuhan.

Penyakit cacar monyet   adalah penyakit yang disebabkan virus yang ditularkan ke Manusia  dari Hewan. Gejala penyakit ini bagi korban demam tinggi, gangguan pernapasan, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening dan ruam dan nampak bercak bercak merah yang tidak sedap di pandang mata. Jika telat penangannannya dapat menimbulkan kematian sesorang penderitanya.

Pertanyaannya bagaimana kesiapan pemerintah Indonesia menghadapi bahaya wabah penyakit  cacar monyet yang kini melanda. Menteri Kesehatan  Nila Moeluk pihaknya telah mengantisipasi melalui langkah pencegahan  menyebarnya penyakit tersebut. 

Salah satunya langkah yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan setiap  orang  yang masuk wilayah Indonesia, baik yang melalui jalur udara bandara maupun jalur laut pelabuhan  yang dilakulan  Dinas dinas kesehatan setempat dan  Kantor Kesehatan Pelanuhan. Langkah ini menurut Nila Muluk untuk mendeteksi lebih awal  agar  tidak ada penumpang yang datang dari luar negeri khususnya dari Singapura yang dapat menularkan penyakit cacar monyet di Indonesia.
Langkah yang dilakukan pemerintah tersebut patut disambut gembira  namun tidak boleh hanya sebatas pencegahan, tetapi ada yang lebih penting adalah langkah  eksekusi    yang  harus dilakukan jika nantinya terjadi wabah cacar monyet  dan bukan tidak mungkin  kasus ini juga akan datang dari negara  selain Singapura. Apalagi jika kronologis  wabah penyakit cacar monyet datang dari Afrika  artinya  bangsa Afrika juga banyak yang datang ke Indonesia  mereka juga harus mendapat pemeriksaan dan pengawasan yang ketat. 

Di sisi lain  Masyarakat harus tenang dan tidak terpancing dengan isu isu yang menyesatkan  terkait  ancaman penyakit cacar monyet.(dr.Yuni Aggreani)
Pasang Iklan Anda di Sini..
DAIRI
TAPUT
HUMBAHAS SAMOSIR