Jumat, 17 Mei 2019

Bulan Bhakti IBI-KB-KESEHATAN Kabupaten Tapunuli Utara Tahun 2019 Capai 601 Akseptor


Tapanuli Media Center 
Puncak Bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan tahun 2019   melalui pelayanan KB dan Kesehatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk,Keluarga Berencana,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab.Taput bersama dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Tarutung,Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kab.Taput  dilaksanakan di Kompleks RSUD Tarutung pada Kamis (16/5).

"Bupati Kab.Tapanuli Utara,Drs.Nikson Nababan yang di wakili oleh 
Ass I  Sekdakab.Taput ,Parsaoran Hutagalung menyebutkan  Sebagaimana amanat  Undang-Undang No. 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga,kiranya melalui kegiatan  bulan bahkti sosial IBI KB Kesehatan  harus  dapat dirasakan  secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada diwilayah tertinggal dan terpencil , Program ini memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan yang menjangkau masyarakat didesa -desa di Kabupaten Tapanuli Utara.
Pencanangan Bulan Bahkti Sosial IBI KB Kesehatan ini  menjadi salah satu inovasi strategis untuk diimplementasikan prioritasnya pada program KB secara utuh ,sehingga pada nantinya kegiatan ini  dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.
Selain itu Parsaoran juga berpesan agar kegitan tersebut dapat berjalan baik, dan khusus kepada tenaga penyuluh lapangan KB dapat meningkatkan semangat kerja dalam mengabdi dan membangun Kabupaten Palas.ini lebih baik ke depan. "Kita harapkan melalui pencanangan yang kita laksanakan ini dapat meningkatkan cakupan peserta KB baru dan meningkatkan kualitas pelayanan KB dan kesehatan di Kabupaten  Taput  sehingga IBI dapat berpartisipasi aktif dalam pengelolaan pelayanan KB dan kesehatan di seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Taput " pungkas Hutagalung

Menurut Kepala Dinas Dinas Pengendalian Penduduk,Keluarga Berencana,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab.Taput Kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Sosial IBI-KB dan Kesehatan ini telah dimulai sejak Januari 2019 dan akan berakhir Mei 2019.

Sedangkan pelayanan kepada masyarakat telah dilaksanakan di setiap puskesmas yang ada di 15 Kecamatan se Kabupaten Tapanuli Utara ,u
ntuk lebih  menyukseskan kegiatan Bulan Bhakti IBI-KB dan Kesehatan ini kedepannya kita mengharapkan kerja sama semua pihak, mulai camat dan lurah, para pimpinan OPD terkait, kader KB, terutama seluruh bidan agar menjadi motivator dan memberikan dukungan yang maksimal di wilayah masing-masing.
Sudirman Manurung,SKM  juga  menyampaikan target capaian kegiatan tersebut selama bulan Januari -Mei 2019 adalah sebanyak 601 Aseptor dan pada puncak Pelaksanaan  IBI-KB-Kesehatan 2019 dengan Kegiatan MOW/MOP dengan sasaran sebanyak 80 Akseptor yang dilaksanakan di RSUD Tarutung,
ujarnya.


Ketua IBI Taput,Bertha Tambunan  mengatakan, melalui kegiatan  Bulan Bhakti Sosial IBI-KB dan Kesehatan ini juga nantinya akan  meningkatkan pengelolaan dan pelaksanaan pelayanan KB dan Kesehatan melalui Bhakti Sosial IBI-KB dan Kesehatan di Kab.Tapanuli Utara, serta meningkatkan cakupan peserta KB baru sebesar 85 persen dari Perkiraan Permintaan Masyarakat tahun 2019.

"Selain itu, untuk meningkatkan pembinaan keberlangsungan peserta KB aktif di Kab.Taput  Serta meningkatkan partisipasi organisasi profesi, khususnya IBI,
 adanya tagline “Ada KB ada Bidan” “Itu menunjukkan betapa besarnya peran bidan dalam KB, ini adalah tagline yang sangat mendalam khusus untuk profesi bidan.

Usai Pelaksanaan Kegiatan Puncak Bulan Bhakti IBI KB-Kesehatan tahun 2019 ,Ass.I Sekdakab.Taput ,Kasdim 0210/TU  Mayor Arh. Keles Sinaga (Kasdim 0210/TU serta mewakili dari Pihak Polres Taput,Sekdis DPPKA Taput ,Heber Tambunan.Dharmawanita OPD Taput  dan Anggota IBI dan peserta Kaseptor  melakukan peninjauan langsung kegiatan pelayanan Kesehatan MOW dan MOP yang dilaksanakan di ruang operasi RSUD Tarutung. (#H.Sagala)






Pasang Iklan Anda di Sini..