KPU Sumut Imbau Masyarakat Tunggu Hasil Real Count



Tapanuli Media Center
Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara, Yulhasni mengimbau seluruh warga Sumut untuk menunggu hasil hitung resmi atau real count dari KPU RI terkait hasil Pemilu 17 April 2019, khususnya Pemilu Presiden.
Hal itu dikemukakan Yulhasni mengingat banyaknya berseliweran hasil quick count (QC) dari sejumlah lembaga survey, baik di media massa maupun media sosial yang menimbulkan perdebatan antar kelompok masyarakat.
“Tunggu saja hasil dari real count dari KPU. Quick count itu sebenarnya kan sekadar pekerjaan ilmiah dari orang-orang di bidang ilmiah yang dihargai sebagai proses. Tapi proses yang benar, yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum ya apa yang dilakukan KPU secara berjenjang,” kata Yulhasni, Jumat (19/4/2019).
Yulhasni menuturkan, untuk tingkat provinsi, rekapitulasi hasil penghitungan atau perolehan suara Pemilu 2019, baik untuk Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten kota, baru akan diketahu paling lambat 13 Mei mendatang.
“Tingkat provinsi jadwalnya itu 22 April - 13 Mei, di rentang waktu itu. Tapi kita menunggu dari KPU kabupaten/kota juga, ada tidak masalah di mereka,” pungkas Yulhasni.
Berdasarkan jadwal tahapan Pemilu 2019, penetapan hasil penghitungan suara tingkat nasional dilakukan antara tanggal 25 April – 22 Mei 2019.(Desi htb)