Jumat, 19 April 2019

40 TPS di Sultra Berpotensi PSU


Tapanuli Media Center

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tenggara merilis 40 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di beberapa daerah Kabupaten dan Kota berpotensi terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU) pasca pungut hitung perolehan suara Pemilu 2019.
Ketua Bawaslu Sultra, Dr.Hamiruddin Udu mengatakan, dari 40 TPS tersebut, 25 diantaranya telah direkomendasikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, sedangkan 15 TPS lainnya masih dalam proses pengkajian dan penyusunan rekomendasi.

"Nah, apa penyebab dari PSU, kalau saya lihat laporan yang disampaikan dari Bawaslu Kabupaten/Kota, sebagian besar dipengaruhi oleh adanya pemilih yang datang mencoblos di TPS, tetapi pemilih tersebut tidak terdaftar dalam DPT (daftar pemilih tambahan) dan DPTb (daftar pemilih tambahan), "ungkap Hamiruddin kepada RRI, Jum'at (19/4/2019).

Disamping itu lanjut Ketua Bawaslu Sultra, masyarakat dari luar daerah Sultra yang datang mencoblos hanya membawa KTP tanpa dilengkapi dengan formulir A5 atau pindah alamat, hingga mendapatkan 5 lembar surat suara.


"Ada juga TPS yang kemudian membawa formulir A5 tetapi kemudian penyelenggara di TPS memberi lima surat suara " pungkasnya.


Daerah yang berpotensi melakukan PSU itu yakni Kota Baubau sevanyak 14 TPS, Kabupaten Kolaka 9 TPS serta Kabupaten Konawe Utara dan Kota Kendari masing 4 TPS.


Sedangkan yang akan dipilih masyarakat dalam PSU nanti yakni calon DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, sementara untuk calon Presiden/Wakil Presiden, DPR dan DPD dinyatakan selesai.(H.ATTO RAIDI)


Pasang Iklan Anda di Sini..
DAIRI
TAPUT
HUMBAHAS SAMOSIR