Sabtu, 23 Maret 2019

Proyek Pekerjaan PLTM Parmonangan- 2 Makan Korban



Tapanuli Media Center

Satu orang  meninggal dunia dan tiga orang luka-luka-luka akibat longsornya tanah dalam pekerjaan  di PLTM  Parmonangan yang  pada  Sabtu tanggal 23 Maret 2019 sekitar pukul 11.30 Wib di lokasi Proyek  PT HUTAMA KARYA Dusun Parratusan Desa manalu Dolok Kecamatan Parmonangan ,Tapanuli Utara.

Dari informasi yang di himpun dari pihak Kepolisan Ressort Taput  data korban yakni;  Yapet Sinaga Umur  25 tahun ,Pekerjaan : Karyawan,Alamat : Tiga dolok, siantar.Korban luka-luka yakni : Bontor ManaluUmur : 25 tahun Pekerjaan : Karyawan Alamat : Dusun Parratusan Desa manalu dolok Kondisi : Dalam Perawatan (luka ringan). Leonardo Marpaung Umur : 38 tahun Pekerjaan : Karyawan Alamat : Medan
Kondisi : Dalam Perawatan (luka ringan).

Sementara itu Data korban longsor ke-II (longsor susulan): yakni Eben Ezer Manalu,Umur : 38 tahun Pekerjaan : Karyawan Alamat : Dusun Lumban Tobing Desa Manalu dolok Kec. Parmonangan
Kondisi : DalamPerawatan (luka berat bagian kepala).

"Sesuai informasi yang dihimpun dari pihak  terkait, bahwa kronologi kejadian pada hari sabtu tanggal (23/03), sekira pukul 11.30 Wib para korban dan saksi sedang melakukan pekerjaan survei pembentukan kemiringan galian (cek ulang) pada proyek PT. HUTAMA KARYA, tiba-tiba tanah/ lereng di lokasi tersebut bergerak dan longsor serta menimbun para korban. posisi korban setelah tertimbun, Yapet Sinaga dalam posisi tertimbun seluruh badannya dan hanya terlihat bagian kaki nya saja, korban Bontor Manalu tertimbun hanya terlihat bagian dada sampai kepala saja, korban Leonardo Marpaung tertimbun hanya kelihatan bagian dada sampai kepala.

"Melihat kejadian tersebut para saksi dan pekerja lainnya berusaha melakukan pertolongan dengan cara menggali tanah timbunan tersebut dengan cara manual, berselang sekira 30 menit kemudian setelah korban berhasil di evakuasi namun para saksi dan para pekerja masih berada di tempat kejadian, tiba-tiba datanglah longsor susulan (longsor ke II) yang mengakibatkan pekerja an. EBEN EZER MANALU, 38 thn, operator alat berat menjadi korban longsoran susulan dengan kondisi luka berat di bagian kepala akibat benturan batang kayu.

Sementara itu , K.Manalu salah seorang warga sekitar  juga mnyebutkan  pasca kejadian tersebut pihak Kepolisian sudah memasang Police  Line di TKP untuk penyelidikan lebih lanjut atas kejadian dalam pekerjaan yang telah memakan korban tersebut, ujar salah seorang warga  di TKP.

Sebagaimana di ketahui bahwa saat ini dilokasi pekerjaan tersebut sedang dilaksanakan Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)  Parmonangan 2  didesa Manalu Dolok Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara yang akan menghasilkan produksi listrik 2×5 MW yang baru-baru ini baru saja diresmikan.

Sementara itu, Humas dari PLTMH  tersebut, yakni Rivai Hutasoit tidak dapat dihubungi  via Seluruernya untuk konfirmasi dan keterangan lebih lanjut dari pihak perusahaan atas kejadian tersebut,
(*Gihon Nainggolan/Harapan Sagala)


Link Berita Terkait PLTMH:
http://www.tapanulimedia.co.id/2019/03/mantap-pltm-parmonangan-i-kini-produksi.html
Pasang Iklan Anda di Sini..