Kamis, 07 Februari 2019

Peduli Pendidikan,Tonato Foundation Latih Kepala Sekolah,Guru dan Komite Sekolah

TapanuliMedia Center
Peduli terhadap Dunia Pendidikan dan Dalan rangka meningkatkan  Peningkatan  Innovasi Kualitas Mutu Proses  Pembelajaran, di Sekolah ,  Tonato  Foundation  menggelar pelatihan  Peran serta Masyarakat  ,  yang diikuti    90 an   peserta, yang terdiri dari   Kepala Sekolah ,  Guru Dan Komite Sekolah  di Hotel Mayana  Medan   Kamis  (7/2/19). 


Panitia Pelaksana Pelatihan Jefri Sipayung  yang juga sebagai  Teacher And Training Scholl  Specialis  menyebutkan  ke 90 peserta yang mengikuti   Pelatihan  Program pintar  itu,  berasal  dari  18 Sekolah   Swasta Dan Negeri yang terdiri dari  12 SD/MI dan 6  SMP/MTs   mitra   Universitas  Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)  Dan Universitas   Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).
Menurut  Jefri ,  sesuai   UU No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pelaksanaan  Pendidikan ,    bukan hanya tanggung jawab pemerintah,dan Guru  tapi  juga  tanggung jawab  orang tua, dan masyarakat. “Tanpa dukungan masyarakat, pendidikan tidak akan berhasil dengan maksimal” ujar  Jefri.
”Pelatihan   kali ini ,   kami  bekerjasama dengan lembaga  Pelatihan  Tenaga Kependidikan LPTK UINSU dan UMSU di Medan” kata   Jefri.    
Sebelumnya   Tanoto  Fondation telah menggelar Pelatihan untuk penguatan managemen Berbasis Sekolah  , kemudian   Pelatihan untuk Guru  Guru dari     Sekolah  Mitra  UINSU Dan UMSU untuk pengembangan proses   Pembelajaran yang sesuai  Kebutuhan  Abad 21.
Untuk itu  dalam Pelatihan  program  Pintar   kali ini  Tanoto  Fondation, melibatkan   Komite Sekolah  sebagai wakil masyarakat dalam membantu sekolah,  dan  diberdayakan  untuk lebih  aktif  dilibatkan  dalam Proses perubahan kualitas pendidikan. “ pelatihan  ini diharapkan mampu mendorong peningkatan peran serta masyarakat terhadap sekolah” harap Jefri
Materi dalam Pelatihan Peran Serta Masyarakat difokuskan pada Unit Pembelajaran AktifUnit Peran Serta MasyarakatUnitManajemen Berbasis Sekolah dan Unit Rencana Tindak Lanjut “Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Tanoto Foundation baik dalam peningkatan ketrampilan guru dan manajemen sekolah bertujuan untuk memastikan sekolah-sekolah Mitra LPTK UINSU dan UMSU dapat menjadi rujukan bagi keluarga dan masyarakat, tentunya guru dan kepala sekolah telah mengaplikasikan ilmu yang didapat didalam pelatihan, kepada siswa”, Ujarnya.
Menurut salah seorang peserta Pelatihan   Kepala  Sekolah  Madrasah Ibtidaiyah  Swasta  Mutiara Medan   Medan Krio Deli Serdang DR .Amini , menyambut baik pelatihan  program pintar  yang diselenggarakan  Tanoto Poundation. “Dengan adanya Pelatihan , bersama  Kepala sekolah  , Guru dan Komite ini sinergitas , proses pembelajaran  Di sekolah semakin  baik “  harap Amini
Juga
  Disampaikan  komite Sekolah MTSN Alwasliah – Ilyas Zuhri – yang mengapresiasi  keterlibatan   Komite Sekolah  dalam   Proses Peningkatan Pembelajaran di sekolah. Melalui  Pelatihan  ini,  Kata  Ilyas Komite  sekolah tidak dianggap Sepele , tapi   sangat penting Perannya dalam meningkatkan Pendidikan.(*Harapan Sagala-red)
Pasang Iklan Anda di Sini..
DAIRI
TAPUT
HUMBAHAS SAMOSIR