"Damai di Bumi Damai di Hati,Semoga Suka Cita Natal Senantiasa Bersama Kita Semua, Demi Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan dan Lumbung SDM yang berkualitas serta Daerah Wisata"

Kamis, 10 Januari 2019

Termakan Isu Tsunami Hoax , Ribuan Warga Sibolga Mengungsi


TapanuliMedia Center
Ribuan warga di Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (10/01/2019) dini hari, mengungsi ke perbukitan atau lokasi yang lebih tinggi, akibat termakan isu yang menyebut akan terjadinya tsunami di daerah ini.
“Kabarnya air laut sudah sangat surut, dan orangpun (warga lainnya)  sudah mengungsi semua, jadi kita juga ikut mengungsi untuk keselamatan kita,” ujar Ramli, seorang warga pengungsi di GOR Aek Parombunan Sibolga Selatan.
Selain memadati perbukitan Aek Parombunan Sibolga Selatan, warga yang mengungsi juga memadati tempat- tempat yang lebih tinggi lainnya, yang dianggap aman dari terjangan tsunami
Sementara Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk bersama Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hatorangan Harianja, langsung melakukan monitoring ke sejumlah titik yang dianggap rawan, mengingat warga Sibolga yang panik saat itu
Usai melakukan monitoring, Walikota dan Kapolres langsung menuju RRI Sibolga, untuk memberikan keterangan guna menenangkan warga. Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk menyatakan, isu tsunami yang berkembang merupakan berita bohong, apalagi BMKG Pusat yang dihubungi Pemerintah Kota Sibolga  menyatakan tidak ada tsunami di Sibolga
“Kita sudah hubungi BMKG Pusat dan menanyakan hal itu, dan BMKG Pusat tidak pernah menyatakan akan ada tsunami di Sibolga. jadi berita itu bohong atau hoax,” ujar Walikota.
Di tempat yang sama, Kapolres Sibolga meminta warga yang sempat mengungsi, untuk kembali ke rumah masing – masing mengingat tidak adanya pernyataan BMKG yang menyebut akan terjadi tsunami di daerah.
“Kami menghimbau kepada warga yang sempat mengungsi untuk kembali ke rumah masing-masing, karena tadi kita sudah berkoordinasi dengan BPBD dan BMKG, mereka mengatakan tidak pernah mengeluarkan pernyataan akan terjadi tsunami di Sibolga,” kata Kapolres.
Kemudian Kapolres juga menyebut, pihaknya akan mencari sumber yang menyebarkan isu berita tsunami ini, sebab menurutnya, tak tertutup kemungkinan, penyebaran isu ini memiliki maksud dan tujuan tertentu.(cc: Deny Siahaan)
Pasang Iklan Anda di Sini..
DAIRI
TAPUT
HUMBAHAS SAMOSIR
Untuk Informasi dan Konsultasi Sistem Informasi Desa(SID)Di Desa Anda...Silahkan Hubungi Kami.CV.TAPANULI MEDIA.Tlp.081265186770. Email:redaksitapanulimedia@gmail.com ..Kami Siap membantu Desa Anda...