Jumat, 02 November 2018

Pemkab.Dairi Tuan Rumah Festival Danau Toba 2018.


Media Center Tapanuli.
Event akbar Festival Danau Toba  telah sejak tahun 2013 akan kembali digelar pada 4-9 Desember mendatang. Tahun ini  Kabupaten Dairi ditunjuk sebagai tuan rumah Festival Danau Toba akan berisi budaya, olahraga, dan tentunya pariwisata.

Festival Danau Toba yang pelaksanaannya dilakukan bergantian di 7 kabupaten yang mendiami kawasan Danau Toba. Yaitu Kabupaten Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir,” ujar menteri Pariwisata Arief Yahya  baru-baru ini.

Tahun lalu FDT berlangsung di Kabupaten Humbang Hasundutan. Pelaksanaannya dipusatkan di Kecamatan Paranginan. Tepatnya di Kawasan Wisata Sipinsur. Sementara tahun ini festival dilaksanakan di Kabupaten Dairi. “Untuk tahun ini, Kabupaten Dairi menjadi tuan rumah. Rencananya, FDT akan dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo,” imbuhnya.

Seluruh kegiatan FDT akan dipusatkan di sepanjang Pantai Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi. Ada 2 alternatif lokasi pusat kegiatan. Pertama di area Tugu dan Makam Raja Silahisabungan. Kedua di lapangan terbuka di Desa Silalahi II. Arief Yahya optimis FDT 2018 lebih baik dari tahun sebelumnya. Ia pun berharap jumlah pengunjung meningkat, minimal 10 ribu orang. Karena itu, ia mengingatkan seluruh panitia FDT bekerja maksimal.

"Kepada pihak penyelenggara  kita harapkan ada hal spesial yang disuguhkan. Sementara itu, Staf Ahli Bidang Multikultural Kemenpar, Esthy Reko Astuty, menuturkan konsep acara dipastikan berbeda dengan festival sebelumnya. Banyak kegiatan menarik yang akan digelar. Mulai dari pentas musik, seni dan kerajinan, kompetisi olahraga tradisional, seminar pariwisata, hingga pameran. “Akan ada kolaborasi musik etnik dan modern, paduan suara massal, pameran kuliner dan UMKM, lomba vokal grup, penampilan artis ibu kota, dan pagelaran seni budaya. Semua akan dikemas sangat menarik,” beber Esthy yang juga Ketua Pelaksana Calendar Of Event Kemenpar.

Pemkab.Dairi Siap Melaksanakan FDT 2018.

Terkait dengan hal tersebut, Dari informasi yang dihimpun ,Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi pun telah mempersiapkan anggaran yang bersumber dari Anggapan Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta  akan dikemas dengan menampilkan  berbagai kegiatan karnaval budaya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (PARBUD) Dairi Drs Leonardus Sihotang memberikan sekilas  informasi seputar rencana persiapan, konsep serta harapannya terkait pelaksanaan FDT nanti  ," Leonardus menjelaskan seluruh kegiatan FDT diupayakan dipusatkan di sepanjang Pantai Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi. 

Pusat kegiatan direncanakan di 2 alternatif lokasi yaitu di lokasi Tugu dan Makam Raja Silahisabungan (TUMARAS) atau di lapangan terbuka yang berlokasi di Desa Silalahi II.“Ada 2 alternatif lokasi yaitu di lokasi TUMARAS dan di lapangan terbuka di Desa Silalahi II selain itu lokasi  di kaki bukit dan di pinggiran danau, dengan view keindahan Danau Toba di Desa Paropo akan dapat dinikmati secara langsung dalam FDT di Dairi .

Terkait kesiapan infrastruktur menuju lokasi kegiatan, persiapan  infrastruktur jalan utama menuju lokasi baik yang masuk dari Lae Pondom maupun yang dari Tongging sedang dibenahi," Demikian juga untuk persiapan di lokasi pusat kegiatan, akan segera ditata dan disiapkan lokasinya termasuk insfrastruktur jalannya.

Kita harapkan dengan acara tersebut sukses dengan baik  ,"Selain persiapan fisik ,Pemkab.Dairi  berharap persiapan lain yang juga sangat penting adalah menyatukan persepsi dari semua stake holder terutama elemen dan komponen masyarakat di Kecamatan Silahisabungan agar memberikan dukungan dan memanfaatkan momen ini sebagai peluang peningkatan ekonomi masyarakat dan pertumbuhan pariwisata di Tao Silalahi dan Kabupaten Dairi ujarnya (red-TM/HS-DM)
Pasang Iklan Anda di Sini..
Untuk Informasi dan Konsultasi Sistem Informasi Desa(SID)Di Desa Anda...Silahkan Hubungi Kami.CV.TAPANULI MEDIA.Tlp.081265186770. Email:redaksitapanulimedia@gmail.com ..Kami Siap membantu Desa Anda...
DAIRI
TAPUT
HUMBAHAS SAMOSIR
NUSANTARA
SOROTAN PUBLIK