Minggu, 07 Oktober 2018

Jokowi Dianugrahi Gelar Bangsawan dari Kesultanan Deli.



TapanuliMedia.co.id
Presiden RI Joko Widodo resmi menjadi kerabat baru Kesultanan Deli dengan menyandang gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri.

Sultan Deli Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamantjiji Perkasa Alam mengatakan, gelar tertinggi dalam Kesultanan Deli tersebut bermakna kepemimpinan yang baik yang membawa tiupan dan hembusan angin yang segar ke seluruh pelosok negeri. 

"Itulah tuah tanah deli yang terus mengikuti zamannya. Semoga tuah deli ini akan menghinggapi kerabat Istana Maimun yang baru,  Yang Mulia Presiden RI Joko Widodo Gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri," kata Sultan Mahmud Arya Lamantjiji Perkasa Alam, dalam pidatonya pada acara Anugerah Gelar Adat, di Balairung Istana Maimun, Minggu (7/10/2018).

Dalam pidatonya, Sultan Deli ke-14 itu berharap gelar tersebut bermanfaat dalam mengeratkan kekerabatan dengan Kesultanan Deli dan masyarakat puak Melayu yang tersebar di seantero negeri. 

Menurut Sultan Deli, alasan pihaknya menyematkan gelar tersebut karena melihat sifat Presiden Jokowi sebagai pemimpin yang arif, yang dapat menjaga suasana kondusif di tengah perbedaan suku, budaya, dan keyakinan yang begitu plural di Indonesia.  Presiden Jokowi juga dinilai dapat meredam gejolak di tengah perbedaan pendapat pada pelaksanaan Pilkada serentak lalu dan menghadapi tahun politik Pemilihan Presiden dan Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

Dikatakan Sultan, pemimpin yang arif akan menempatkan perbedaan menjadi satu kekuatan. Seperti yang dilakukan oleh Sultan Deli dari zaman ke zaman, sehingga dapat menciptakan suasana kondusif dalam perbedaan etnik dan keyakinan yang begitu plural, Sultan Deli terus dapat membangun negerinya. 

"Sifat itulah yang kami lihat melekat pada diri Presiden Joko Widodo. Karena itu, cukup alasan bagi kami untuk menyematkan gelar bangsawan tertinggi di Kesultanan Deli dengan gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri," tegasnya.

Sementara Presiden RI Joko Widodo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kesultanan Deli atas gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri yang telah diperolehnya.

“Di dalam gelar adat ini, saya merasakan terkandung amanat dan tugas berat yang diberikan pada saya untuk mewujudkan harapan dari Kesultanan Deli, harapan dari kerajaan-kerajaan se-Nusantara, pemangku adat Indonesia, dan ulama untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia yang Baldatun, Thoyibatun wa Rabbun Gofur,” ucapnya.

Acara Anugerah Gelar Adat untuk Presiden Jokowi tersebut turut disaksikan oleh ribuan lebih masyarakat Sumut di pelataran halaman Istana Maimun. Turut hadir dalam gelar adat tersebut Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, datuk empat suku Kesultanan Deli serta kerabat kesultanan Deli, pengurus Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN), serta raja dan sultan se-nusantara. (Red-TM)

Seputar Kawasan Danau Toba

Humbang Hasundutan Toba Samosir
Samosir Dairi
Karo Simalungun
SENI BUDAYA
EKONOMI
Pasang Iklan/Baliho/Banner-Iklan/Promosi Anda Di Sini Hubungi kami di 081265186770...
Politik & Demokrasi
EDUKASI
RAGAM