'TapanuliMedia.co.id' Kejari Tarutung dan Dinkes Taput Laksakan Kegiatan Iva Test. - TapanuliMedia.co.id

Kejari Tarutung dan Dinkes Taput Laksakan Kegiatan Iva Test.

TapanuliMedia.co.id
Kejaksaan Negeri Tapanuli Utara mengadakan kegiatan Iva Test untuk Kec. Siborong-borong, Pagaran dan Muara. pada Rabu(20/09) di Puskesmas Siborong-borong. Dalam kegiatan ini Kejari Tapanuli Utara Hotma Tambunan turun langsung untuk melihat pelaksanaan Iva Test. Kegiatan ini turut hadir juga Kepala Dinas Kesehatan dr. Janri Nababan, Dr. Sasmito, Ka. UPT. Puskesmas Siborong-borong dr. Ladingan Sianipar, Ka. UPT. Puskesmas Butar drg. Johan Hutabarat, Ka. UPT. Puskesmas Sipultak dr. Elisabet Silalahi, Ka. UPT. Puskesmas Silangit dr. Lamtiur Sihombing, Ka. UPT. Puskesmas Muara Roida Doloksaribu dan TIM PKK.
Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan mengatakan sangat berterima kasih banyak kepada Kejari Tapanuli Utara karena sudah berperan mengenai Kesehatan Masyarakat Tapanuli Utara terkhusus penyakit kanker rahim, mengingat kanker Rahim ini merupakan penyakit mematikan no.4 di dunia. Kepala Dinas Kesehatan juga menambahkan bahwa program ini akan menjadi program prioritas tahun depan. Selain Ka. UPT. Puskesmas Siborong-borong dr. Ladingan sianipar juga mengucapkan terima kasih kepada Kejari karena sudah menjadikan Puskesmas Siborong-borong menjadi Pusat acara kegiatan Pemeriksaan Iva Test dari 3 kecamatan ini. 

Dalam bimbingan dan arahannya Kejari Tapanuli Utara Hotma Tambunan mengatakan sangat berterima kasih kepada Dinas Kesehatan dan UPT. Puskesmas Siborong-borong karena sudah memfasilitasi kegiatan ini. Beliau juga menambahkan bahwa Kejaksaan Negeri bukan hanya semata-mata menegakkan Hukum tetapi berperan juga untuk menyelamatkan Generasi Bangsa , oleh karena itu kami Pihak Kejari mengadakan test Iva guna mewujudkan Wanita bebas kanker. Dan untuk itu saya harap dengan adanya pemeriksaan ini para ibu-ibu yang hadir negatif, namun jika ada yang postif tetap ada lanjutannya baik itu dalam pengobatan.

Dalam kegiatan ini dr. Sasmito memberikan dan sosialisasi cara pencegahan kanker rahim kepada masyarakat dan pengarahan bahwa pemeriksaan ini berguna untuk menghidari penyakit kanker rahim.
Selain itu Kejari Tapanuli Utara Hotma Tambunan memberikan bantuan alat cocor bebek secara simbolis kepada Kepala Dinas Kesehatan dr. Janri Nababan yang dilanjutkan dengan berbincang-bincang mengenai kegiatan ini akan berlanjut di kecamatan lain.(HS/ Dinkes)

Share this:

 
Copyright © TapanuliMedia.co.id. /Onlinews