Senin, 06 Maret 2017

Tim Kementerian ESDM Survei Panas Bumi Daerah Sipoholon


TapanuliMedia.co.id


Dalam rangka mewujudkan program 35.000 MW, pemerintah terus mendorong
dalam hal ini Badan Geologi melakukan penyelidikan mengenai panas bumi. Salah satu daerah dengan potensi panas bumi adalah daerah Sipoholon  sekitarnya yang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Dalam kegiatan Survei tersebut terdiri dari tiga Tim,yakni Tim MT 1 yang dipimpin oleh Yusuf  Hadi, Tim MT 2Yazid dan Tim TDEM Erlangga Saputra.

Pengembangan energi panas bumi sebagai salah satu sumber energi primer bagi pembangkit listrik. Energi panas bumi sendiri ditargetkan dapat menyumbang sebesar 1.160 MW dari total program tersebut ,salah satu program dalam memenuhi target tersebut pemerintah melalui Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi .

"Penyelidikan kepanas bumian di daerah tersebut telah dilakukan oleh Pusat Sumber
Daya Geologi (sekarang Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi) pada tahun2005 berupa survei terpadu geologi, geokimia dan geofisika, serta pada tahun 2010 berupasurvei MT dan TDEM.

"Berdasarkan hasil penyelidikan tahun 2010 tersebut terdapat potensi

energi panas bumi sebesar 147 MWe pada kelas cadangan terduga dengan luas daerah prospek seluas 17 km. 

"Daerah prospek ini masih membuka ke arah timur dan tenggara, sehingga diharapkan adanya survei MT lanjutan untuk memperjelas batas daerah prospeknya,ujar Ketua Tim Survei TDEM Erlangga Saputra kepada Tapanuli Media ketika di konformasi di Lokasi pada Senin (6/3/2016) ,"sebagai tindak lanjut dari hasil penyelidikan tersebut, maka pada tahun anggaran 2017 Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan melakukan kegiatan survei magnetotellurik (MT) dan Time Domain Electromagnetic (TDEM) di daerah Sipoholon dengan perluasan ke arah timur dan tenggara. 
"Kegiatan survei tersebut diharapkan dapat melengkapi dan mempertegas keprospekan panas bumi di daerah ini",ujarnya.


Lebih lanjut menurut Tony Rahadinata,Maksud dari survei MT dan TDEM adalah untuk memperoleh informasi struktur bawah permukaan melalui anomali tahanan jenis yang berkorelasi dengan sistem panas bumi di daerah survei ini.Menurut penjelasan Tujuan survei MT dan TDEM adalah untuk memperoleh data keprospekan (letak, delineasi dan besarnya potensi) daerah panas bumi dari tinjauan data geofisika. Data keprospekan ini kemudian akan dijadikan sebagai data pendukung bagi evaluasi keprospekan daerah panas bumi Sipoholon ujar Tony (Harapan.Sagala/Arton.Lumbangaol) 

Pasang Iklan Anda di Sini..
Untuk Kerjasama Iklan dan Kampanye dan Sosialisai Melaliu Media Massa Pada Masa Kampanye..Hubungi Kami.CV.TAPANULI MEDIA.Tlp.081265186770. Email:tapanulimedia@yahoo.co.id
DAIRI
TAPUT
HUMBAHAS SAMOSIR