Plt. Gubsu : Peningkatan Kualitas SDM & Pembangunan Mental dan Revolusi Karakter Bangsa Menyonsong MEA


TapanuliMedia, Samosir
Pemprov Sumatera Utara menekankan hal-hal yang menjadi point pembahasan dalam pra musrenbang RKPD Propinsi Sumatera Utara Tahun 2016. Diantaranya adalah  kesiapan menghadapi era masyarakat ekonomi Asean (MEA) dengan peningkatan kualitas SDM. Pembangunan mental dan revolusi karakter bangsa merupakan hal yang sangat penting dan harus. 

Dalam RPJM ini akan dibahas usulan-usulan daerah Kabupaten tentang pendidikan pada sekolah tingkat SLTA. Di samping itu, program Presiden menjadikan kawasan Danau Toba menjadi Monaco of Asia menjadi perhatian khusus bagi kita.

Mengenai dana desa juga diharapkan pemanfaatannya merupakan hal yang sangat dibutuhkan masyarakat desa. Hal kepastian dan penegakan hukum, keamanan dan ketertiban, politik dan demokrasi menjadi perhatian kita bersama, dukungan dan peran media. Nawacita yang dicanangkan presiden juga menjadi acuan bagi Propinsi dan Kabupaten yang tercermin dalam program kita dalam membangun yang tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah). Menghadirkan kembali Negara sebagai pihak yang memberikan rasa aman dan sejahtera bagi masyarakat dengan membangun Indonesia dari pinggiran, dengan nuansa Kabupaten diantara Pemkab/pemko” ujar Plt. Gubernur Tengku Erry mengakhiri sambutannya  pada saat membuka Pra Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara Zona Tapanuli di Hotel Inn Toledo Kabupaten Samosir.pada Selasa (3/8) yang di ikuti oleh sejumlah Bupati di Kawasan Danau Toba.

Bupati Kab.Taput Himbau Pemerintah Propinsi Dapat Memperhatikan Perkembangan Daerah Kawasan Danau Toba
Menurut Bupati Kab.Taput, Drs.Nikson Nababan, hal  ini merupakan hal penting dalam membahas program yang patut menjadi acuan pembangunan bagi pemerintahan Kabupaten/kota dan anggaran pembangunan yang akan dialokasi Pemerintah Propinsi Sumatera Utara ke Pemkab Taput. Pemahaman bahwa kemajuan sebuah kabupaten/kota akan menjadi acuan bagi kemajuan Pemerintahan propinsi. Saya berharap, kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat di desa-desa, mulai dari sektor pendidikan, pertanian, kesehatan dan infrastruktur. Kehadiran saya disini untuk memperjuangkan Kabupaten Tapanuli Utara dalam peningkatan porsi pembangunan bagi masyarakat Taput, terutama di desa-desa dan juga pembangunan infrastruktur kita yang selama ini sering terbengkalai dan terlupakan oleh Pemerintah Propinsi Sumatera Utara,” ujar Bupati Taput dalam kesempatan rehat musrenbang.
Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa kesempatan ini juga merupakan kesempatan berharga bagi Pemerintahan Kabupaten se-kawasan Danau Toba dalam menyatukan irama langkah dan sinergitas dalam memajukan masyarakat di Kawasan Danau Toba. Dengan irama langkah yang sama dan sinergitas yang kuat, pembangunan dan kemajuan Pemkab di Kawasan Danau Toba akan bisa dipercepat dan Pemerintah Propinsi akan lebih komit dan concern memperjuangkan pembangunan dan kemajuan pemerintahan Kabupaten untuk lebih kokoh dan mandiri. “Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan memperjuangkan daerah kita ini. Mari kita bergandengan tangan untuk sebuah kemajuan yang kita cita-citakan bersama,” ..
Dalam Kegiatan Pra Musrenbang tersebut, menurut anggota DPRD Sumatera Utara Sarma Hutajulu SH.dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pramusrenbang ini merupakan hal strategis yang harus diikuti Pemerintah Kabupaten dalam penyusunan program pembangunan di daerah masing-masing. “Manfaatkan kesempatan ini dengan baik demi kemajuan daerah yang Bapak pimpin masing-masing, ujar Sarma. (PB-010)