Pemkab.Taput Ajukan Perubahan Perda Kab.Taput No.04 Tahun 2015 tentang Pilkades.



Tarutung,TAPANULIMEDIA

Bertempat di Aula mini Kantor Bupati Kab.Taput pada  Rabu (10/02) Dalam kegiatan Konsultasi Publik  tahap I  Peraturan Daerah No.04 Tahun 2015 Tentang Pilkades tersebut , Bupati Kab.Taput yang di Wakili oleh Ass.I Bag.Pemerintahan Sekdakab.Taput Drs.HP.Marpaung   dalam kegiatan pembukaan  Rapat Konsultasi Publik tahap I  terkait dengan rancangan Perubahan Perda Kab.T aput No.04 Tahun 2015 Tentang Pilkades , menyampaiakan kiranya para  undangan untuk dapat  memberikan masukan  ataupun saran kepada Pemkab.taput  cq. Bagian Hukum Sekdakab.taput   yang  nantinya  masukan-masukan tersebut akan di finalkan dalam pertemuan Konsultasi  Publik   tahap  ke-II  yang selanjutnya akan disampaikan kepada Badan legislasi DPRD Kab.Taput untuk di sahkan dan di tetapkan sebagai Peraturan Daerah.


Konsultasi Publik tahap I terkait dengan rancangan Perubahan Perda Kab.T aput No.04 Tahun 2015 Tentang Pilkades  dipimpin langsung  oleh Kabag.Hukum Sekdakab.Taput.Alboin P. Butar-Butar , SH.M.Hum.  Adapun   point-point  rancangan   atas Perubahan Perda Kab.T aput No.04 Tahun 2015 Tentang Pilkades  tersebut adalah :  (A) Ketentuan Pasal 7 di ubah dan ditambahkan 6 (enam) ayat yakni ayat (1),ayat (2),ayat (3) ayat (4),ayat (5),ayat (6) dan Ayat (7) . (B) Ketentuan Pasal 14 ditambahkan 1(satu) ayat yakni ayat (2).  (C) Ketentuan bagian Ketiga Paragraf 1 Pasal 19 huruf f di ubah. (D) Ketentuan Paragraf 2 Pasal 20 ayat (3) di ubah dan antaraa ayat (3) dan ayat (4) disisipkan 1 (satu),yakni ayat  (3A). ( E)  Ketentuan Pasal 23 Ayat (5) di ubah. (F) Ketentuan Pasal 24 ayat (10) di hapus. (G) Ketentuan pasal 27 ayat (1) huruf d diubah. (H) Ketentuan Pasal 35 di ubah. (I) Ketentuan Pasal 39 ayat (7) di ubah.  (J) Ketentuan BAB V Pasal 44 diubah,antara ayat (2) dan ayat (3) disisipkan 1 (satu) ayat,yakni ayat (2A) dan anatara ayat (4) dan ayat (5) disisipkan 1 (satu) ayat,yakni ayat (4A).  (K) Ketentuan BAB VII Pasal 51 di ubah,anatar ayat (2) dan ayat (3) disisipkan 2 (dua) ayat,yakni ayat (2A) dan ayat (2B).  (L) Diantara Pasal 54 dan pasal 55 disisipkan 1 (satu) Pasal yakni Pasal 54.A.

Menurut penjelasan Kabag.Hukum Sekdakab.Taput.Alboin P. Butar-Butar , SH.M.Hum   bahwa pada tahun 2016 ini, Kab.Taput akan  melaksanakan Pilkdes Serentak Tahap II  di 51 Desa yang direncanakan akan dilaksanakan pada akhir Bulan Nopember 2016 ini, mengingat adanya sejumlah hal-hal yang  timbul atas  pelaksanaan Pilkades tahap I sebelumnya , maka diperlukan adanya penyempurnaan dan penyesuain terhadap  Peraturan Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Nomor 04 taahun 2015 Tentang Pemilihan Kepala Desa. Konsultasi Publik   atas Draf Perubahan  Peraturan Daerah No.04 Tahun 2015 Tentang Pilkades  tersebut Turut serta dihadiri Oleh Anggota  DPRD Kab.Taput  dari Komisi A yakni Maruli Panjaitan,Marconis Siregar, Ass I Sekdakab.Taput , Ka.Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa ,Kabag Hukum Sekdakab.Taput , Kasi. Datun Kejari Tarutung, Kasat Reskrim Polres Taput bersama anggota , Pimpinan SKPD, LSM,PERS,Camat,Kepala Desa,Tokoh Masyarakat dan Masyarakat dari Sejumlah Desa.

Asman Sihombing,SH  yang turut serta dalam Konsultasi public tersebut kepada TAPANULIMEDIA  menyebutkan, bahwa  draf/rancangan  Perubahan Peraturan Daerah No.04 Tahun 2015 Tentang Pilkades tersebut rawan terhadap  Gugatan di Pengadilan,  menurut Asman ,hal tersebut terbukti  karena dengan telah  di berlakukannya juga  Peraturan Daerah No.04 Tahun 2015 Tentang Pilkades dan Peraturan Bupati Kab.Taput No.18 tahun 2015 tentang Pilkades telah banyak masyarakat yang dikorbankan antara lain masalah pembatasan usia bakal  calon dan penetapan dan  ketentuan atas  Domisili bakal calon,ujar  Asman  (HS)